​Teknis Standar Pengiriman Naskah (Dari salah satu website)

Hal pertama yang harus diperhatikan seorang penulis sebelum mengirimkan cerpen/puisi ke suatu media adalah kecenderungan tema cerpen/puisi yang biasa dimuat oleh media tersebut.Biasanya sejalan dengan visi dan misi media.
MajalahUmmi, TabloidNova, tentu tidak akan memuat cerpen dengan tema remaja yang lagi patah hati dengan gaya tutur gaul sepertiloe,gue, apalagi memuat kisah peri hijau dan cinderella.
Begitu pula MajalahBobo, mustahil menerima cerpen dengan tema keluarga dan rumah tangga.
Naskah diketik dalam MS Word, kertas A4, Times New Roman 12,line spacing1.5, maksimal 10.000 karakter termasuk spasi—tergantung media, disimpan dalam format RTF (Rich Text Format), dan dikirim viafileattachment.
Jangan lupa di bagian akhir naskah cantumkan nomer rekening Anda untuk pengiriman honor—jika dimuat, NPWP (nomor pokok wajib pajak—bagi yang sudah punya), alamat email, dan nomer hp.
Pada subjek email untuk pengiriman cerpen ditulis CERPEN: JUDUL CERPEN .
Tulis pengantar singkat-padat-jelas pengiriman cerpen pada badan email.
Dan,akan lebih baik jika dalam pengantar ditegaskan tentang lama status cerpen yang dikirim.“Jika setelah DUA BULAN cerpen ini belumdimuat, maka akan saya kirim ke media lain….”
Selesai.
Tarik nafas dalam-dalam, ucapkan syukur karena telah menyelesaikan sebuah cerpen/puisi dan mengirimkannya ke media. Berdoalah semoga layak muat dan dikirim honornya jika dimuat. Aamiin.Dan, teruslah (belajar) menulis kreatif lebihbaik lagi!.
Contoh pengantar pengiriman.
.

Dari : Saroni Asikin

Kepada :sastra@jawapos.co.idJawapos

Dikirim : Kamis, 15 September 2011 5:25

Judul : Cerpen STRIPTEASE DI JENDELA–Saroni Asikin.

.

Semarang, 15 September 2011
Kepada Yth. Redaktur Cerpen Jawa Pos di tempat.
Dengan hormat,Bersama ini saya kirimkan sebuah cerpen saya bertajuk “STRIPTEASE DI JENDELA” (dalam Lampiran).Saya sangat berharap cerpen ini Anda baca dan kelayakan pemuatannya sepenuhnya hak Anda. Atas pembacaan dan pertimbangan Anda, saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,Saroni Asikin

saroniasikin@yahoo.co.idTlp. 08xxxxxxxxxxRekening Bank Xxxxxxx Nomor Xxxxxxxxxxxxx a.n. Saroni Asikin

untuk informasi lebih lanjut dan alamat redaksi tujuan,silahkan klik tautan berikut :

Tips Mengirim Cerpen ke Media

Tinggalkan komentar